Kamis, 26 Juni 2008

Sektor Kehutanan

tangan-tangan kita sendiri sebagai manusia yang merasa kurang dan kurang dalam memenuhi kebutuhan hidup di Dunia.
Sektor Kehutanan pada masa sekarang ini sudah cukup sangat parah yang diakibatkan dari Sekarang kita sendiri sudah banyak meraskan efek atau akibat dari kerusakan di area atau sektor Kehutanan. Banyak sekali terjadi bencana dimana-mana yang tak lain itu akibat dari kerusakan dalam hutan yang kita punya atau pelihara. Banyak bencana yang melanda Seperti : Angin Puting Beliung, Banjir, Tanah Longsor, Gempa Bumi, dan lain-lainya.
Padahal sudah cukup jelas dan gamblang bahwa hutan juga sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan seluruh makluk yang ada muka bumi ini. Hutan banyak membantu dalam kehidupan kita. Diantaranya manfaat dan kegunaan hutan yaitu :
1. Sebagai Penahan Erosi diwaktu banjir artinya dengan adanya hutan atau pohon-pohon dapat menyerap air hujan yang datang begitu lebat dan air tersebut akan diserap oleh akar-akar pohon-pohon yang ada di hutan jadi hutan dapat membantu dalam penanggulangan bencana banjir.
2. Sebagai Sumber Mata Air artinya banyaknya pohon-pohon yang terdapat dalam kawasan hutan itu menyerap air yang datang pada waktu hujan dan akar-akar pohon sebagai penyimpan air disitulah hutan atau pohon-pohon yang ada dikawasan hutan banyak terdapat sumber mata air.
3. Sebagai Penahan Angin Topan Atau Badai artinya Jika banyak terdapat pohon-pohon didalam kawasan hutan dan ketika datang suatu angin topan atau badai melanda pohon-pohon tersebut sebagai penopang atau penahan angin sebelum memasuki atau masuk ke dalam kawasan penduduk angin topan tersebut akan ditopang atau ditahan oleh pohon-pohon tersebut dan angin yang masuk ke kawasan suatu penduduk jadi lemah dan tidak menyebabkan kerusakan-kerusakan dalam kawasan rumah-rumah penduduk yang terlihat jelas dalam kehidupan kita pada saat ini.
4. Sebagai sumber penghidupan artinya dari hasil hutan banyak sekali yang dapat dimanfaatkan Dari hasil kayu yang dapat dijual dengan harga yang mungkin agak mahal. Hasil dari kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan-kerajinan yang sangat unik untuk menambah kekayaan alam kita.

Kami dari Sektor Kehutanan Berharap sekarang kita mulai menyadari betapa pentingnya sebuah pohon atau kawasan hutan bagi kehidupan semua makluk. Banyak makluk atau binatang-binatang yang ada dalam kawasan hutan kini terancam punah akibat kerusakan hutan yang telah dilakukan oleh tangan-tangan manusia yang tidak bartanggung jawab dan hanya untuk mementingkan dirisendiri atau kekayaan pribadi tanpa menghiraukan akibat bagi makluk yang lain.

" Kecil Menanam Dewasa Memanen"
"Mari Menanam pohon dari sekarang lihatlah hasilnya di masa yang akan datang"
"Mari kita cegah Illegal Loging"

"By Sektor Kehutanan"

Tidak ada komentar: